ANAK PEDULI BANGSA

True Story From Friends part 1

By Ratihsm


Pernahkah Anda menyadari bahwa selama hidup Anda, Anda dikelilingi orang-orang luar biasa? Orang-orang yang secara Anda tidak sadar mengajarkan banyak hal kepada Anda.
saya akan coba ceritakan beberapa kisah menarik dari beberapa orang-orang luar biasa yang saya temui selama hidup saya dan menurut sudut pandang saya. Saya memang bukan penulis seperti Stephenie Meyer, Meg Cabot, ataupun Raditya Dika namun saya akui saya menggagumi karya mereka. saya hanya seorang mahasiswi dari sebuah universitas swasta di Jakarta. Saya belajar beberapa pelajaran berharga yang tidak akan saya temui dari teori-teori buku yang saya baca.

Orang luar biasa yang pertama adalah seorang pria,yang terakhir saya temui telah berusia hampir 84 tahun. beliau terlihat ramah, penyayang, pasif, dan sedikit humoris. Pancaran matanya begitu hangat dan setiap kerutan di wajahnya menceritakan banyak kenyataan manis pahit hidupnya. Beliau tidak terlalu tinggi untuk ukuran pria Indonesia,sedikit bongkok karena usianya, kulitnya berwarna cokelat matang Jawa, dan satu lagi yang unik dari beliau yaitu disekujur tubuhnya banyak terdapat tahi lalat.

Penampilannya sederhana namun rapi,terlihat style nya yang pastinya bukan dari tahun 2000-an.
Saya cukup sering mengunjungi beliau, mau hanya sekedar menjenguk atau jika saya butuh sebuah masukan.

Pertama kali saya mengunjungi kediaman beliau di daerah Kebayoran Baru, bisa dirasakan oleh saya betapa nyaman dan sejuk lingkungannya, jika saya bisa gambarkan – saya harus masuk sebuah gang yang kira-kira hanya cukup 1 mobil kemudian membuka gerbang besi yang cukup besar kemudian di sebelah kanan ada rumah bergaya lama yang mempunyai kaca besar di terasnya yang ternyata itu rumah dia terdahulu namun sudah ditempati oleh salah satu anaknya kemudian saya berjalan lagi dan menemukan rumah beliau yang sama-sama bergaya lama dan ternyata menyambung dengan rumah yang pertama –

Saat saya masuk ke dalam rumah beliau,saya terpukau dengan lukisan-lukisan yang terpampang rapi di tembok ruang tamu beliau,saya coba perhatikan setiap lukisan yang ada, sekilas itu hanya lukisan-lukisan biasa dan memang saya tahu bahwa beliau adalah pelukis,namun ternyata lukisan-lukisan itu menceritakan perjuangan beliau saat menjadi pejuang’45. Beberapa lukisan menggambarkan seberapa gagahnya beliau saat berperang melawan penjajah namun disebagian lukisan tersebut menggambarkan beliau begitu lemah dan pasrah saat terpaksa tertangkap oleh pihak penjajah.

“keluar masuk penjara sudah saya rasakan” beliau berkata pelan. “hampir terbunuh juga pernah saya alami” lanjut beliau. Beliau sangat teramat tenang dan pandangan beliau fokus pada suatu titik seakan berusaha memutar kembali ingatan beliau. 
“hanya Allah tempat saya memohon setiap harinya, saya percaya Allah selalu beri jalan” lanjut beliau lagi.
Beliau memulai cerita perjuangan beliau mulai dari awal beliau masuk kepolisian dan terpilih untuk latihan militer di Amerika antara lain di kota Houston dan San Francisco sampai akhirnya dia pensiun dan memutuskan untuk melukis. Beliau sangat tahu apa resiko dari pekerjaan beliau, namun dengan segala cinta beliau terhadap tanah air, beliau rela berjuang membela negara.

Beruntung sekali saya juga mengenal baik istri dan anak-anaknya. Beliau mempunyai satu istri dan enam orang anak. Anak pertama dan terakhir beliau adalah Laki-laki dan dari anak kedua sampai kelima adalah perempuan. Anak pertama beliau telah meninggal terlebih dahulu karena sakit.
Walaupun beliau tidak pernah cerita betapa sedihnya beliau saat tahu anak beliau mendahuluinya pergi di panggil sang maha kuasa namun saya dapat melihat tatapan sedihnya saat dia menatap jenazah anak pertamanya itu dan setiap beliau menjenguk makam anak pertamanya itu, beliau selalu berharap cepat atau lambat nama beliau menyusul anak pertamanya.

Suatu hari saya pernah diajak makan siang bersama beliau dan istri tercintanya,anak-anak beliau tidak ikut makan bersama kami karena mereka sudah berkeluarga dan tidak tinggal bersama beliau. Memang ada anak terakhir beliau yang masih tinggal bersama beliau tapi kebetulan dia sedang tidak ada di rumah. Kami menyantap masakan rumahan yang sederahana namun rasanya tidak dapat diragukan.
”bapak itu adalah suami yang tidak neko-neko dan saya selalu dimanjain sama bapak” kata istri beliau pelan secara tiba-tiba.
”memang kami tidak jarang adu mulut tapi bapak selalu mengalah dan ngertiin saya” kata istri beliau kemudian.
Saat perkataan-perkataan itu terlontar dari mulut istri beliau,saya dapat melihat kejujuran dan ketulusan di setiap katanya.

Memang sungguh nyaman berbincang-bincang bersama beliau dan istrinya sampai tak terasa sudah sore dan anak terakhir beliau pun pulang, sebelum dia mengganti pakaiannya,dia menyempatkan diri berbincang dengan saya. 
”Bapak adalah seorang bapak yang sangat sempurna buat saya, memang dulu bapak seorang bapak yang cukup galak dan tegas terhadap anak-anaknya namun saat saya kembali dari perjalanan saya untuk mencari jati diri dan pastinya membuat seluruh keluarga marah dan kesal dengan saya, bapak bisa menerima kembali ke dalam keluarga dan memaafkan saya” kata anak terakhir beliau saat saya mencoba menanyakan tentang bapaknya.

Semenjak beliau muda, beliau sangat mencintai binatang. Tidak jarang beliau memungut anak kucing kecil tak berdaya dipinggir jalan untuk beliau pelihara. Beliau juga mempunyai anjing dan beberapa jenis burung. Menurut pengakuan anak-anak beliau “satu yang paling bapak khawatirkan jika bapak harus pergi dari rumah yaitu peliharaan-peliharaannya”
Seakan tahu, kucing,anjing,dan beberapa burung yang beliau miliki pun sangat nyaman jika berdekatan dengan beliau.

27 Januari 2008, saya diberi kabar bahwa beliau jatuh di kamar mandi dan dilarikan ke rumah sakit, saya pun sempat menjenguk beliau.
Beliau seperti biasanya terlihat tenang namun kali ini yang saya rasakan adalah suasana tidak nyaman karena yang dihadapan saya adalah seorang lelaki tua yang terbaring tenang di ruang ICU rumah sakit dengan segala alat kedokteran untuk membantu bertahan hidup, beberapa kali saya berharap itu bukan beliau namun harapan saya pupus.

Dokter tidak bisa menahan beliau di rumah sakit lebih lama lagi karena pihak keluarga telah menemukan wasiat yang telah dituliskan oleh beliau.
wasiat itu berisikan pernyataan bahwa jika beliau telah sekarat dan akan meninggal, beliau tidak mau meninggal di rumah sakit melainkan di rumah dan di kasur beliau.

28 Januari 2008 adalah hari yang sangat tidak bisa saya lupakan mungkin sampai saya mati karena hari itulah beliau resmi dinyatakan meninggal dunia diumur beliau yang hampir 84 tahun. Beliau bukan hanya meninggalkan 1 orang istri, 5 orang anak, dan 10 orang cucu namun beliau meninggalkan mereka yang mengagumi dan menghormati beliau selama beliau masih hidup.
Dapat saya lihat begitu banyaknya para saudara, kerabat, tetangga dan lainnya yang datang untuk seakan memberi penghormatan terakhir pada beliau saat beliau disemayamkan di rumah beliau dan begitupun saat beliau masuk ke liang lahat.
Bagi saya, saya kehilangan seorang pria tegas, penyayang, dan penuh dedikasi terhadap negara, keluarga dan lingkungannya yang dibalik setiap kesederhanaannya ada hal-hal besar yang tersembunyi.

orang luar biasa kedua adalah seorang wanita karir yang berumur hampir 50 tahun. wanita ini juga seorang ibu dari 1 orang putri. Beliau anak kelima dari enam bersaudara. Sekilas dari wajahnya tercermin bahwa beliau seorang wanita yang tegas atau orang-orang lebih sering menyebut beliau galak.
Saya cukup sering bertemu dengan beliau disela-sela kesibukan beliau. Beliau juga banyak becerita dan berdiskusi dengan saya. Beliau adalah seorang yang terbuka dan berintelektual tinggi.

Beliau bekerja sebagai seorang guru dan dulu beliau mempunyai sekolah sendiri, sekolah kursus Bahasa Jepang.
Beliau menyukai kebudayaan Jepang sejak beliau kecil. Menurut pengakuan beliau, dulu ayah beliau mempunyai banyak kerabat yang berkebangsaan Jepang. Itu yang membuat beliau terbiasa dengan budaya Jepang.
Dulu beliau merasa salah satu warga Indonesia yang beruntung karena dapat mempelajari lebih dalam bahasa dan kebudayaan Jepang di negara tempat itu berasal, Jepang.

Setelah menyelesaikan studi nya di Jepang, beliau kembali ke tanah air dan bekerja di Bali. manajer hotel, Tour Guide, dan manajer dari sebuah perusahaan travel pun sudah beliau alami. Namun petualangan beliau tidak berhenti sampai situ. Akhirnya beliau mencoba peruntungannya menjadi penerjemah sampai akhirnya beliau ditawarkan mengajarkan bahasa Jepang di sebuah kapal laut dan dari situ pula awal beliau bertemu dengan suaminya.
Suami beliau adalah salah satu murid beliau yang sekaligus seorang pelaut. Beliau tidak banyak menceritakan tentang bagaimana beliau jatuh cinta dan akhirnya menikah dengan suami beliau. Saat itu saya berpikir mungkin beliau malu atau sekedar tidak ingin membagikan cerita itu kepada saya.

Awalnya pernikahan beliau berjalan cukup lancar walaupun sedikit mengalami gerunjalan karena ada beberapa kerikil tajam, namun beliau dan suaminya pun bisa melewatinya dengan baik.
Namun, ternyata kali ini Tuhan mencoba kesabaran dan kekuatan beliau. Beliau harus bisa memilih antara meninggalkan atau tetap ada di samping suaminya ketika kenyataan menampar beliau dengan kenyataan bahwa suaminya mengkhianati beliau dan perubahan sikap suaminya yang sangat tidak bisa diterima. Suaminya seakan tersesat dalam lubang gelap yang dalam dan susah untuk naik keatas kembali atau dengan kata lain berteman dengan dunia malam yang mengenalkannya pada minum-minuman keras dan wanita. Saya tidak akan menceritakan secara detail demi melindungi privasi beliau. Intinya beliau sangat jatuh dan terpukul saat itu.

Menurut pengakuan beliau, putri beliau juga sangat terganggu dengan kejadian itu. Semua itu berlangsung cukup lama dan cukup menguras emosi dan tenaga beliau, beruntung beliau mempunyai putri,keluarga, dan teman-teman yang selalu mendukung beliau dan dapat menjadi ’tempat sampah’ disaat beliau butuh seseorang untuk mengobrol dan berbagi. Tuhan juga masih sangat baik pada beliau karena beliau diberi kesibukan yang membuat beliau dapat melupakan sementara masalah dalam pernikahannya.
Suatu hari beliau beserta suami menanyakan pendapat putri mereka tentang kelanjutan pernikahan mereka, dan hanya kata singkat yang keluar dari bibir putri mereka : ”terserah mau cerai atau tidak,cuma ibu bapak yang tahu mana yang terbaik”

Kejadian itu berakhir ketika tiba-tiba suami beliau jatuh sakit dan akhirnya divonis mengidap penyakit Diabetes. Penyakit yang diidap suami beliau menjadikan suaminya merubah cara hidupnya yang dulu dan kembali kepada keluarganya dan akhirnya perceraian itu tak terjadi.

Ternyata Tuhan masih ingin mencoba beliau, tahun 2008 adalah tahun berat untuk beliau karena beliau harus kehilangan ayah tercinta beliau secara mendadak dan keesokan harinya mertua perempuan beliau pun dipanggil sang maha kuasa karena penyakit kanker yang sudah di deritanya. Belum cukup duka beliau, mertua laki-laki beliau juga menyusul istrinya dengan penyakit yang sama yaitu kanker. Sebuah kenyataan pahit yang seperti semakin menjatuhkan beliau, tapi sekali lagi beliau dapat keluar dari duka mendalam tersebut dan menjalani kegiatan seperti biasanya.

Saya akui, saya sangat mengagumi beliau. Beliau begitu tegar,kuat dan sabar dalam menghadapi setiap cobaan dan beliau selalu berusaha untuk berpikir positif. 
Tanggung jawab,tegas,dan disiplin yang terlihat saat beliau bekerja juga membuat saya kagum. Beliau jadi mudah dipercaya oleh orang lain.
Saya banyak belajar dari beliau dan saya sangat beruntung bertemu beliau dihidup saya.

Tahun 2009 juga bukan hari yang absen dari cobaan bagi beliau. Saat putri beliau akan mengalami hari pertama memasuki dunia perkuliahan, suami beliau jatuh sakit lagi dan yang kali ini harus masuk rumah sakit. Terpaksa beliau dan putri nya harus tidur dirumah sakit setiap hari selama suami beliau dirawat.
Kali ini suami beliau divonis sakit jantung koroner.

Beliau pikir tahun ini,2010 adalah tahun aman dari cobaan, namun lagi-lagi beliau salah. Beliau divonis memiliki tumor atau mium di rahim beliau. Tentu sebagai manusia biasa beliau mengaku kaget dan jatuh namun beliau selalu berusaha untuk tetap semangat dan berharap akan datang sesuatu yang lebih baik dari Tuhan untuk hidupnya.
Beliau sangat tahu bahwa show must go on atau kita bisa bilang hidup akan terus berjalan seperti yang diatur oleh Tuhan, entah bagaimana kondisi beliau sekarang ataupun bagaimana hidup yang beliau punya, beliau selalu tidak lupa bersyukur kepada Tuhan dan melakukan setiap kegiatan dengan sebaik-baiknya.
Beruntung beliau sangat menikmati pekerjaan beliau walaupun lelah selalu menghampiri beliau tapi pekerjaan itulah yang membuat beliau seakan hidup setiap harinya.

Banyak yang saya dapat ambil dari kehidupan beliau yaitu jiwa ksatria beliau yang denga ikhlas dan rela memaafkan perbuatan suaminya dan tetap menjaga keutuhan keluarga beliau demi anak beliau, kesabaran, ketulusan, dan dedikasi penuh terhadap pekerjaan. Beliau adalah wanita tertegar yang pernah saya temui dalam hidup saya.

Untuk orang luar biasa ketiga adalah seorang pria berumur kurang lebih 22 tahun. Pertama kali saya bertemu dengannya reaksi saya adalah tersentak karena dia berpenampilan cukup menarik. Tinggi, putih, dan rambutnya yang hitam sedikit kecokelatan terlihat rapi. Pembawaannya tenang dan penuh percaya diri semakin membuat saya penasaran. Saya pandangi dia namun tak lama kemudian saya merasa sedikit kesal, kekesalan itu muncul karena gayanya yang lama kelamaan terlihat menyebalkan. Saya pikir kepercayaan dirinya terlalu berlebihan atau mungkin lebih tepatnya jadi terlihat sombong. Saya pikir itu pertemuan pertama dan terakhir saya dengannya,namun ternyata tidak.

Setelah hampir 2 minggu, saya bertemu dia lagi dan ajaibnya saya harus bertemu dengan dia hampir setiap hari. Saat itu saya semakin kesal. Saya memutuskan untuk tak terlalu dekat dan mengenal semakin jauh identitasnya. Namun suatu hari saya harus menanyakan sesuatu kepadanya bukan menanyakan siapa dia dan lain-lain pastinya. Lalu yang saya ingat dia tulis jawaban pertanyaan di kertas dan mencatumkan nama dan nomer ponselnya.

Sejak saat itu saya mulai berkomunikasi dengannya bahkan intensitasnya termasuk sering. Awalnya semua tentang dia serba gelap, sangat misterius dan dari situ saya tahu bahwa dia punya kehidupan pribadi yang rumit yang tidak mau orang lain tahu, dan saya pun bukan orang yang ingin tahu juga. Namun entah memang sudah takdir atau entah orang lain menyebutnya, saya semakin dekat dengan dia,dan semakin lama semakin terungkap siapa dia.

Dia adalah anak ke 6 dari 6 bersaudara, dia bukan murni pribumi namun sangat mencintai Indonesia. Dia hidup di dalam keluarga konservatif atau biasa dibilang kolot dan sedikit keras. Dia sangat muda saat menyadari bahwa ibunya harus dipanggil oleh sang maha kuasa, rasa rindu dan kehilangan tentu dirasakannya namun dia menunjukkan bahwa dia bisa bertahan sampai sekarang tanpa kehadiran ibu disisinya.

Yang membuat dia luar biasa adalah cinta yang ada dalam dirinya. Pertama mungkin dia harus berusaha untuk mencintai dan menerima sesorang wanita pilihan ayahnya namun akhirnya seperti kata orangtua “cinta datang karena terbiasa”.
Kedua saat dia yakin akan cintanya pada wanita itu,cinta dan kesetiaannya diuji oleh Tuhan. Dia harus menerima bahwa wanita yang dicintainya yang juga mengandung anaknya divonis sebuah penyakit yang sangat serius dan berada jauh darinya sedangkan dia harus tetap di tanah air untuk menyelesaikan beberapa urusan penting lainnya. Khawatir, panik, sedih, dan pusing terpancar dari wajahnya setiap saya berusaha memperhatikan wajahnya yang selalu terlihat tenang seperti awal saya bertemu. Dia berusaha menutupi segala masalah yang sedang dia alami dengan topeng sempurna, jika Anda tidak mengenal baik dia, Anda tidak akan tahu bahwa sebenarnya hidupnya sangatlah complicated.

“Hope is the center of the dream, which contain with goal of life in love,keep hoping and that’s gonna make you more being a fully human” 
itu adalah salah satu kata-kata yang diberikan oleh ibunya sebelum meninggalkan dia, dan dia selalu memegang kata-kata itu. Dia terus berharap tanpa henti dan berdoa wanita yang dicintainya itu dapat segera pulih dan bahagia seperti dulu.
Saya cukup sering sharing dengannya, entah saat bertemu langsung ataupun melalui sms atau blackberry messeger, ya beruntung sekali saya dapat menikmati kecanggihan teknologi sekarang.
Banyak sekali pertanyaan saya yang bisa terjawab olehnya, mungkin itu juga berkat hobi membacanya, dia jadi tahu segalanya, itu sekali lagi membuat saya percaya bahwa memang buku adalah jendela dunia. Terkadang saya terpukau akan pengetahuannya yang cukup luas ditambah pengalaman dan saya ingat waktu dia berkata : “Pengalaman adalah guru yang tegas karena ia menguji dahulu baru mengajarkan” . Dia tahu teori-teori umum yang mungkin orang seperti saya tidak akan tahu. Namun terkadang saya sedikit kesal saat saya hanya ingin mengobrol ringan dengannya tiba-tiba dia menyelipkan teori yang saya pikir terlalu berat di dalam obrolan ringan kami tapi ujung-ujungnya memang saya menyetujui teori itu dan saya akui saya jadi banyak tahu beberapa hal karena dia.

Dia telihat sangat kuat dan tegar namun dibalik itu semua saya lihat dia rapuh, dia seperti gelas kaca. Jika kita terlalu kuat memegang, gelas kaca itu akan pecah namun jika kita terlalu sembarangan memegang, gelas kaca itu akan jatuh dan pecah. Itu sama seperti bagaimana saya melihatnya. Thinker atau pemikir itu lah dia, dari hal kecil sampai besar dia benar-benar pikirkan. Memang saya akui itu terkadang baik untuk manusia, supaya hal yang sudah dilakukan tidak akan timbul penyesalan namun menjadi pemikir menurut saya sangatlah berat dan menyulitkan hidup saya, atau mungkin saya saja yang malas berpikir,entahlah tapi yang saya lihat karena dia telalu berpikir, hidupnya terlihat semakin suram, atau bisa saya katakan dia kurang dapat menikmati hidupnya.

Dia juga seorang pekerja yang cukup baik dan bertanggung jawab. Kenapa saya bilang begitu? Jawabannya mudah saja, yaitu karena disaat dia mendapatkan cobaan dia tetap bisa berkonsentrasi untuk melakukan kewajibannya dengan baik, bahkan saya lihat dia terlalu ngoyo atau berlebihan, dia berusaha kerjakan semua kewajibannya tanpa terkecuali dan jeda sedangkan disisi lain dia juga harus nonstop berkonsentrasi memikirkan bagaiman keluar dari cobaan berat itu tanpa memikirkan kesehatannya.

Seperti yang Anda dapat lihat bahwa dia banyak mengajarkan saya hal-hal kecil namun penting dalam kehidupan yaitu cinta, harapan, dan tanggung jawab. Harapan yang besar menjadi semangat untuk dia untuk terus menjalani hidupnya dan keluar dari cobaan yang diberi oleh Tuhan.


Inilah cerita beberapa orang luar biasa yang dapat menjalani hidupnya masing-masing dengan segala kekuatan dan kelemahannya.
Luar biasa bukan karena mereka orang besar yang mempunyai jabatan tinggi ataupun terkenal tapi karena bagaimana mereka telah mengajarkan banyak hal berharga kepada saya.

Ini bukan curahan hati saya tapi ini saya hanya ingin menunjukkan bahwa cobaan atau musibah bukanlah sebuah mesin penghancur hidup kita namun pembangkit hidup kita untuk berubah menjadi seorang yang lebih baik lagi ke depannya. Belajarlah dari mereka.
Jangan pernah berpikir Tuhan akan menjerumuskan kita ke dalam kegelapan dengan cobaan yang Tuhan beri namun jika kita mau membuka mata dan hati kita, kita akan tahu bahwa Tuhan sangat menyayangi kita sehingga Tuhan menegur kita.

Terima Kasih untuk orang-orang luar biasa yang bersedia saya ceritakan dalam tulisan saya ini dan tentu untuk yang rela membaca tulisan saya.



Ratih Sekar Mutiara

3 Response to "True Story From Friends part 1"

  1. Sebuah cerita ynag meninspirasi , silahkan rekan rekan baca thread ini << :)

    Jika ada cerita baru saya tunggu yah postingannya << thank you

    sukses selalu untuk bangsa indonesia

    APB

    rsm says:

    saya akan posting di blog saya. Anda bisa ambil atau baca dari blog saya.

    thanks and good luck for you too

Post a Comment